Jumat, 24 April 2015

Kicauan Anak Alay (11) : Buah Naga

Buah naga (Foto:tipscaraterbaik.com)
Hello teman-teman alay gue...
Sekarang gue nih mau kasih pembahasan yang bikin loe jadi lebih 'sehat' nih.
Tau kan buah yang satu ini...Pastinya dong, namanya juga buah ganas (eh kebalik ya?) Naga. Bukan berarti gue bahas hewan naga yang mulutnya itu bisa mengeluarkan api (hewan legend tuh...). Menurut bapak Wiki nih buah Naga atau ada yang bilang dragon fruit atau pitaya adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.
Nah yang gue kutip dari buahnagasuperred.wordpress.com nih soal sejarahnya menurut literatur Aztec, buah Naga yang dikenal dengan buah Pitahaya di tempat asalnya tersebut, mulai berkembang pada abad ke-13. Di Vietnam, di mana buah tersebut tumbuh secara ekstensif, buah Pitaya dikenal secara lokal dengan sebutan buah Thang Loy. Buah tersebut awalnya masuk Vietnam diperkenalkan oleh Perancis, sehingga sampai saat ini hasil rata-rata per hektar mencapai 20-25 ton.
Malaysia adalah wilayah lain dimana dapat ditemukan buah Naga tersebut, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 di daerah Sitiawan, Johor dan Kuala Pilah. Kolombia, Nikaragua dan tempat-tempat lain merupakan tempat di mana buah Pitahaya ditanam untuk tujuan komersial.
Emm kalau loe udah tau apa itu buah naga dan sejarahnya maka gue kasih tau nih manfaat dari buah naga untuk kesehatan itu apa, so langsung aja baca manfaatnya yang gue kutip lagi nih dari disehat.com:
Buah naga, baik yang merah maupun putih sangat berkhasiat untuk tubuh. Manfaat buah naga bagi kesehatan sangat banyak antara lain dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini tidaklah mengherankan karena buah naga mengandung banyak sekali vitamin C.
Kita tahu bahwa vitamin C mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus dan kuman lainnya. Buah naga juga aman dikonsumsi oleh balita.
Selain daging buahnya, manfaat buah naga juga dapat diperoleh dari kulitnya. Ekstrak kulit dan daun buah naga juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel tumor dan melancarkan peredaran darah. Periksa kulit buah naga ketika membelinya. Buah naga yang berkualitas bagus warnanya pink cerah dan kulitnya mulus tanpa bekas atau noda. Bila ingin mengetahui apakah buah naga yang loe beli sudah cukup matang atau belum, sentuh bagian batangnya. Jika terasa empuk, maka buah naga tersebut sudah siap disantap.
Nah segitu dulu ya pembahasan gue kali ini. Tapi loe harus inget ya kalo buah naga itu nggak sama ama naga beneran yaa! ihh! dah dah dah bye dah dulu byeeeeeeeeee......
(Tambahan:Sebenarnya sih gue gak suka buah naga, soalnya belum pernah nyobain sih... he he he ha ha ha......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar