Minggu, 27 Desember 2015

Hillboard Top 15 Popular & Best Songs On 2015 [PART 2]

SPOILER! / PERINGATAN! 
INI ADALAH BAGIAN KEDUA ATAU LANJUTAN DARI BAGIAN PERTAMA (PART 1). DI BAGIAN INI ADA 7 LAGU DARI POSISI 7 SAMPAI 1. JADI, SEBELUM MEMBACA BAGIAN KEDUA INI, BACALAH DAN LIHATLAH BAGIAN PERTAMANYA TERLEBIH DAHULU DI LINK INI!!!

Maaf bagi kamu yang baru pertama kali membaca artikel ini (atau yang udah tahu abaikan saja...!), karena ada tulisan-tulisan di bawah ini...
CATATAN 
SEKALI LAGI HILLBOARD JELASKAN BAHWA SEBELUM MEMBACA DAN MELIHAT SEMUA CHARTS-NYA, KAMU HARUS MEMBACA BEBERAPA POIN TERLEBIH DAHULU! BERIKUT ISINYA:

  • PENTING DIBACA! PEMBACA YANG DITARGETKAN MEMBACA DI ARTIKEL INI ADALAH YANG RATA-RATA BERUMUR 13 SAMPAI 18 TAHUN KEBAWAH (ANAK REMAJA). MAKA DARI ITU, JANGAN TERKEJUT KALAU MELIHAT BEBERAPA VIDEO KLIP ASLI DARI LAGU TERSEBUT TIDAK DITAMPILKAN KARENA SEBAGIANNYA MENGANDUNG UNSUR DEWASA. OLEH KARENA ITU HILLBOARD MENGGANTINYA DENGAN VIDEO LIRIK ATAU AUDIO DARI LAGU ITU SAJA (MAAF YA, TAPI BAGI YANG KURANG SENANG BISA TONTON VIDEO KLIP YANG ASLI DI YOUTUBE KOK!). 
  • PENTING DIBACA! KARENA TULISAN INI MEMBUAT PEMBACA MENGERTI SEPERTI APA PENGUMPULAN LAGU-LAGU YANG AKAN DITAMPILKAN DI ARTIKEL INI! ACUAN TANGGA LAGU VERSI HILLBOARD DIAMBIL BERDASARKAN PERHITUNGAN DARI SEJUMLAH TANGGA LAGU INTERNASIONAL DAN LOKAL (YANG DIKUTIP DARI CHARTS BILLBOARD TOP 100, CHARTS i-TUNES, DAN SEJUMLAH VERSI CHARTS DI RADIO-RADIO LOKAL, HINGGA KEPOPULERANNYA DI YOUTUBE DENGAN JUMLAH VIEWERS-NYA) DAN SEMUA LAGU YANG TERPOPULER SELAMA TAHUN 2015 INI (BUKAN DIAMBIL DARI LAGU YANG DIRILIS SEBELUM TAHUN 2015) AKAN DIRANGKUM DI ARTIKEL INI.
  • TANGGAL RILIS YANG ADA DI BAWAH VIDEO KLIP MERUPAKAN TANGGAL RILIS DARI VIDEO KLIP TERSEBUT, DAN BUKAN TANGGAL RILIS DARI LAGU YANG ORISINIL TERSEBUT.
  • HILLBOARD MEMINTA MAAF JIKA ADA KESALAHAN MATERI DAN PENULISAN DALAM PENERBITAN ARTIKEL TANGGA LAGU INI.
TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA...
Sekarang tulisan di bawah ini akan menyambutmu yah! 
Hella hello music lovers...!!!
Jika kemarin kamu udah ngeliatin 8 lagu yang menjadi hits dan terpopuler di tahun 2015, nah di bagian ini, Hillboard lebih ngasih ke kamu lagu-lagu hits yang lebih fenomenal dan terpouler daripada yang kemarin. Nah kalo kamu udah tau 8 lagu apa aja yang ada di deretan lagu terpopuler tahun ini, yuk sekarang kamu ngeliat lagi bagian kedua dari Hillboard Top 15 Popular & Best Songs On 2015 Part 2 dengan di mulai dari posisi 7 sampai nomor 1!!!

7. Justin Bieber - What Do You Mean?

(Lyrics Video)
Album: Purpose
Rilis: 28 Agustus 2015
Viewers on Youtube (Per 26 Desember): 507,545,610
Label: Universal Music Indonesia
Sempat menyatakan rehat dan ingin pensiun, Justin Bieber, penyanyi pop asal Kanada ini akhirnya kembali dengan single baru bertajuk 'What Do You Mean?'. Tak berubah, image bad boy masih melekat dalam diri penyanyi 21 tahun tersebut. Video klip 'What Do You Mean?' sendiri dikonsep penuh kejutan. Dalam klip tersebut Bieber beradu peran dengan wanita seksi bernama Xenia Deli. Lagu ini masuk dalam albumnya berjudul Purpose dan album tersebut dirilis tanggal 13 November 2015 yang lalu. Lagu ini juga sempat menjadi jawara di tangga lagu Billboard Hot 100, dan juga di beberapa negara, hingga di Top 12 selama bulan September dan Oktober dan masih berada di Top 12 sampai bulan November lalu.

6. Maroon 5 - Sugar

(Audio Video)
Album: V
Rilis: 14 Januari 2015
Viewers on Youtube (Per 26 Desember 2015): 944,922,780
Label: Universal Music Indonesia
Dalam pembuatan lagu Sugar, Adam Levine bercerita tentang lagu yang menjadi lagu paling hits dalam albumnya V yang ternyata ia terinspirasi oleh salah satu musisi 80-an. Lagu yang groovy ini diciptakan oleh Adam Levine ketika dia mengingat Prince, musisi idolanya ketika berumur 5 tahun. Dan Sugar menduduki nomor ke-dua di Billboard Hot 100 dan terjual lebih dari 2,5 juta kopi di seluruh dunia. Lagu Sugar ini terinspirasi dari sound dari tembang milik Prince berjudul His Royal Purpleness. Di video klip Sugar bercerita tentang para personel Maroon 5 yang secara tiba-tiba menghadiri pesta pernikahan beberapa pasangan. Mereka hadir untuk memberikan kejutan dan tampil bernyanyi dihadapan pengantin dan para undangan resepsi pernikahan.

5. Taylor Swift ft Kendrick Lamar - Bad Blood

(No Rap Lyrics Video)
Album: 1989
Rilis: 17 Mei 2015
Viewers on Youtube (Per 26 Desember 2015): 680,724,910
Label: Universal Music Indonesia
Bad Blood merupakan lagu yang berada dalam album fenomenal Taylor Swift, 1989. Di dalam lagu ini, Swift berduet dengan rapper kenamaan, yaitu Kendrick Lamar. Meskipun banyak lagunya seperti Style hingga Wildest Dreams yang dirilis selama tahun 2015 ini, tetap saja lagu Bad Blood menjadi salah satu lagu yang menyedot banyak perhatian selama tahun 2015 ini. Menurut MediabaseBad Blood menerima permintaan untuk diputar sebanyak 17,753 kali selama periode 13 juni sampai 19 Juni yang lalu. Pencapaian Swift melampaui See You Again yang dibawakan oleh Wiz Khalifa dan Charlie Puth yang diputar sebanyak 17,711 kali dengan periode yang sama. Dan lagu ini sempat head to head di posisi pertama Billboard Top 100 selama bulan Mei hingga Juni lalu dan lagu ini sempat masuk dalam persaingan Top 12 di bulan Mei (sempat menjadi champions) hingga bulan Agustus yang lalu.

4. Major Lazer ft DJ Snake & MØ - Lean On

(Lyrics Video)
Album: Peace Is The Mission
Rilis: 22 Maret 2015
Viewers on Youtube (Per 28 Desember 2015): 955,880,220
Label: Warner Music Indonesia
Lean On merupakan salah satu single hits yang dibuat oleh Major Lazer. Duo elektronik musik yang dibentuk oleh produser rekaman dunia, Diplo ini digawangi oleh Jillionaire dan Walshy Fire. Mereka juga mengajak DJ Snake sebagai DJ pengiring dan vokal dari MØ di lagu Lean OnLean On sendiri menjadi begitu populer dengan sentuhan elektronik musik yang up-beat dan vokal dari MØ yang memiliki ciri khas. Tak hanya itu, video klip Lean On pun dibuat dengan tempat, kostum dan penari latar bernuansa India atau Bollywood. Major Lazer telah merilis Lean On sebagai single pada Maret lalu yang diambil dari album ketiga mereka yang bertajuk Peace Is the Mission. Lagu ini juga menjadi lagu yang paling sering didengarkan secara online di situs musik Spotify dengan angka mencapai 526 juta kali didengarkan dalam 9 bulan. Lean On juga langsung memuncaki Billboard Hot 100 dan nomor 1 pada Australia, Syria, Irlandia, Belanda, New Zealand dan Swiss. Lean On juga dinominasikan di berbagai ajang seperti MTV Europe Music Awards 2015 untuk kategori lagu terbaik, NRJ Music Awards 2015 untuk kategori lagu internasional, MTV Video Music Awards 2015 untuk kategori lagu terbaik dan masih banyak lagi.

3. Adele - Hello

Album: 25
Rilis: 22 Oktober 2015
Viewers on Youtube (Per 28 Desember 2015): 830,867,100
Label: XL Recordings
Lama tak terdengar di industri musik dunia, penyanyi berkebangsaan Inggris Adele menggebrak dengan merilis single baru berjudul Hello. Hello adalah single pertama dari album baru Adele yang berjudul 25, yang akan dirilis bulan ini, menyusul jeda empat tahun setelah album 21, dia memenangi enam penghargaan Grammy dan terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia. Hello diputar daring 47,5 juta kali secara global di Spotify, menjadikannya lagu yang yang paling banyak diputar daring dalam sepekan dalam sejarah platform pemutaran daring. Single tersebut menjadi tanda bahwa Adele siap kembali untuk bersaing dengan musisi lain demi merebut popularitas. Betapa tidak, video klip dari lagu terbaru Adele sendiri sudah dirilis pada 22 Oktober lalu di akun YouTube resminya. Hingga saat ini, video klip tersebut sudah ditonton lebih dari 830 juta kali di situs YouTube dan menjadikan lagu ini teranjak popularitasnya dan memecahkan rekor di berbagai negara dan lainnya. Lagu ini terjual lebih dari 1,1 juta lagu digital selama pekan pertama dan menjadi lagu pertama yang pernah memecahkan rekor pengunduhan satu juta kali di tangga Billboard. Adele juga mengalahkan penyanyi pujaan remaja asal Kanada, Justin Bieber, yang berada di posisi kedua dengan single terkininya "Sorry" yang terjual 276.800 unduhan pada pekan pertama perilisannya menurut data Nielsen Music pada Senin (2/11). Dan lagu ini masuk ke dalam persaingan Top 12 di bulan Oktober dan menjadi jawara di bulan November.

2. Ellie Goulding - Love Me Like You Do

(Lyrics Video)
Album: Delirium
Rilis: 22 Januari 2015
Viewers on Youtube (Per 28 Desember 2015): 879,823,145
Label: Universal Music Indonesia
Love Me Like You Do merupakan soundtrack dari film adaptasi novel Fifty Shades of Grey yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Inggris, Ellie Goulding. Lagu ini masuk ke dalam album solonya, Delirium. Love Me Like You Do juga merupakan lagu romantis bertempo sedang dengan unsur musik elektronik yang kental, namun masih terdengar seperti lagu cinta yang bermakna dalam. Lagu tersebut dirilis 22 Januari 2015. Lagu ini sukses berat di dataran Inggris dan sekitarnya dan telah tiga pekan berturut-turut menjadi juara di tangga lagu UK. Ellie menggarap lagu ini bersama Max Martin, produser legendaris yang menjadi otak di balik penggarapan album Teenage Dream milik Katy Perry, juga 1989 milik Taylor Swift. Menurut laman Digital Spy, lagu Love Me Like You Do juga ditulis oleh Ilya, Tove Lo, Savan Kotecha, dan Ali Payami. Nama yang disebut terakhir ini juga membantu Martin selaku produser. Uniknya, video klip Love Me Like You Do terkesan sederhana. Dengan menampilkan Ellie Goulding yang memasuki sebuah gedung dengan ballroom mewah. Selanjutnya, Ellie Goulding mulai menyusuri setiap ruangan di dalamnya. Beberapa cuplikan dalam Fifty Shades of Grey pun muncul di video itu. Lirik lagu Love Me Like You Do pun seolah mengikuti film Fifty Shades of Grey yang memang penuh dengan cinta yang membara. Setiap sentuhan yang hinggap akan sangat berharga seolah membaca dalamnya perasaan. 

Nah, udah liat kan lagu mana aja yang hadir di Top 15 untuk deretan lagu terpopuler dan terbaik tahun ini??? Maka itu, sekarang Hillboard akan kasih ke kamu lagu apa yang bikin kamu penasaran banget... Dan kalo begitu kali ini Hillboard akan ngasih tau ke kamu siapa yang akan jadi the champ di Top 15 tahun ini...
Yap, ternyata yang jadi juara di Top 15 untuk tahun ini... Selamat untuk lagu... See You Again milik Wiz Khalifa dan Charlie Puth... Congrats yah!!! 
(CATATAN: DI POSISI JAWARA INI AKAN DIISI DENGAN LIRIK LAGU, CERITA PEMBUATAN LAGU, HINGGA PENJELASAN MENGENAI POPULARITASNYA YANG MENJADI ALASAN HILLBOARD MENJADIKAN LAGU SEE YOU AGAIN MENJADI LAGU TERPOPULER DAN TERBAIK VERSI HILLBOARD DI TAHUN 2015 INI)

1. Wiz Khalifa ft Charlie Puth - See You Again

(Live Version On The Ellen Show)
Album: Furious 7: Original Motion Picture Soundtrack
Rilis: 06 April 2015
Viewers on Youtube (Per 28 Desember 2015): 1,288,015,620
Label: Warner Music Indonesia
Lirik lagu:
It's been a long day without you my friend
And I'll tell you all about it when I see you again
We've come a long way from where we began
Oh I'll tell you all about it when I see you again
When I see you again
Damn who knew all the planes we flew
Good things we've been through
That I'll be standing right here
Talking to you, about another path
I know we loved to hit the road and laugh
But something told me that it wouldn't last
Had to switch up look at things different see the bigger picture
Those were the days hard work forever pays
Now I see you in a better place
How could we not talk about family when family's all that we got?
Everything I went through you were standing there by my side
And now you gonna be with me for the last ride
It's been a long day, without you my friend
And I'll tell you all about it when I see you again
We've come a long way, from where we began
Oh I'll tell you all about it when I see you again
When I see you again
Ah~~~ Ah~~~o Uh~~~
First you both go out your way
And the vibe is feeling stronger
What's small turn to a friendship, a friendship Turn into a bond,
and that bond will never be broken, and the love will never get lost
And when brotherhood come first then the line
will never be crossed, established it on our own
When that line had to be drawn and that line is what we reach so
remember me when I'm gone
How could we not talk about family when family's all that we got?
Everything I went through you were standing there by my side
And now you gonna be with me, for the last ride
So let the light guide your way... yea
hold every memory as you go
and every road you take, will always lead you home
ho...u..o
It's been a long day, without you my friend
And I'll tell you all about it when I see you again
We've come a long way, from where we began
Oh I'll tell you all about it when I see you again
When I see you again....
Ah~~~ Ah~~~o Uh~~~
Ah~~~ Ah~~~o Uh~~~

Story Of The Song

Alm. Paul Walker, keempat dari kanan (capture pics:youtube.com)
Berbicara mengenai Paul Walker, tentu masih banyak yang ingat saat momen kecelakaan tragis yang merenggut nyawanya pada tanggal 30 November 2013 yang lalu. Kematiannya ini sontak membuat banyak kalangan penggemar aktor yang berperan sebagai Brian O'Conner menjadi sedih dan merasa kehilangan sosok Paul yang selalu melakukan aksi balap liarnya yang fenomenal di setiap sekuel film yang juga di bintangi oleh sahabatnya, Vin Diesel.Setelah satu tahun lebih berlalu setelah kejadian tragis itu,sekuel film tersebut, Furious 7, ingin memberikan sebuah lagu untuk mendiang Paul. Seperti yang di kutip dari muvila.com, soundtrack dari sekuel ini pun sukses menyedot perhatian publik kala film tersebut dirilis. Lagu sentimentil See You Again memucaki tangga lagu iTunes dan diputar hampir di setiap radio Amerika.Yang menarik dari lagu ini adalah liriknya yang menyentuh dan sanggup membuat pendengarnya menghabiskan sekotak tisu. Lirik lagu See You Again ini ditulis dan dinyanyikan oleh Charlie Puth. Menurut LA times, Pihak Universal mengundang 50 penulis lagu lebih untuk menyumbang soundtrack di Furious 7. Tetapi hanya segelintir yang dipilih oleh pihak Universal. Beruntungnya, Charlie Puth bersama lirik 'sederhananya' itu terpilih untuk mengisi latar suara adegan terakhir Paul Walker.
Diakui oleh Puth, bahwa saat membuat lirik tersebut terinspirasi dari rasa rindu kepada temannya. Penulis lagu berusia 23 tahun itu tengah merindukan temannya dan tak sabar ingin berbagi cerita dengannya."Itu tampaknya terjadi kepada saya," kata Puth dalam sebuah wawancara telepon pekan ini, dilansir dari LA times. "Setelah 10 menit Justin Frank  dan saya menulis itu, kami mengirimkannya, dan saya pikir kami tidak akan pernah terpilih". Ternyata dugaannya salah. Pihak Universal Pictures dan label soundtrack Atlantic Records meloloskan lagunya "See You Again". Mike Knobloch selaku musik presiden Universal Picture menambahkan suara bintang rap Fast & Furious 6, Wiz Khalifa di sela-sela lirik Charlie Puth. 
Lirik tersebut dianggap dapat mewakili ucapan perpisahan untuk Paul Walker. "Chorus itu terasa benar-benar besar dan merasa seperti itu sangat sesuai dengan momen yang sedang terjadi," kata Kevin Weaver, Presiden Label soundtrack Atlantic Records. Ia pun menambahkan bahwa dia pikir lagu itu cocok dengan berbagai momen. "Bisa menggambarkan kehilangan karena kematian, tetapi juga seseorang yang anda rindukan dan tidak sabar bertemunya dengannya".Dari pihak Universal sendiri menginginkan lagu ini menjadi sebuah sebuah perayaan. "Kami tahu bahwa kita tak ingin penonton meninggalkan bioskop dengan rasa sedih," ujar Mike Knobloch seperti yang dilansir Billboard.com.Jiwa halus Puth dicampur dengan ayat-ayat Rap Wiz Khalifa disertai dentingan pianonya mampu mengosongkan kotak tisu di seluruh dunia. Kutipan liriknya yang menyentuh itu kurang lebih seperti ini. "Ini merupakan hari yang panjang tanpa Anda teman saya / Dan aku akan memberitahu Anda semua tentang hal itu ketika saya melihat Anda lagi / Kami telah datang jauh dari tempat kami mulai / Oh, aku akan memberitahu Anda semua tentang hal itu ketika aku bertemu denganmu lagi".

(Artikel ini pernah dimuat di blog ini pada tanggal 09 April 2015 dengan judul "Music Zone Video Clip: Wiz Khalifa ft Charlie Puth - See You Again (Plus Kisah Di Balik Lagu Untuk Mengenang Paul Walker)")

News About This Song

See You Again sempat sukses memuncaki Billboard Hot 100 selama berminggu-minggu. Bahkan setelah film Fast and Furious 7 sudah menghilang di bioskop, lagu ini tetap tak tak beranjak di puncak chart Billboard. Bahkan lagu ini dinobatkan menjadi lagu paling banyak ditonton sepanjang tahun 2015. Lagu yang dinyanyikan Wiz Khalifa dan Charlie Puth ini sukses menjadi soundtrack favorit para pengguna Internet (netizen).
Soundtrack ini menjadi lagu penutup di akhir cerita film Fast Furious 7. Adegan klimaks yang mengharukan ketika Vin Diesel mengucapkan perpisahan pada Paul Walker. Kecelakaan tragis yang menewaskan pemeran Brian O’Conner pada 2013 lalu membuat banyak fans film ini berduka.
Lagu inipun dibuat untuk mengenang sosok Paul Walker yang saat tidak sempat merampungkan film tersebut. Sejak diunggah ke Youtube pada 6 April 2015, lagu ini telah banyak ditonton banyak pengunjung.
Hingga saat ini, lagu See You Again telah ditonton lebih dari 1,2 miliar kali. Angka ini cukup fantastis, mengingat hanya dalam waktu delapan bulan saja, video ini tak bosan diputar miliaran kali.
Pemilik akun Kess Claxton bahkan tidak percaya lebih dari satu miliar orang telah menonton video berdurasi 3.57 menit itu. “One billion people have seen this?! That is 1/7 th of the world’s population!!! [Satu miliar orang telah melihatnya?! Berarti ada 1/7 populasi di dunia],” tulis Kess Claxton.
Lagu ini sedikitnya telah di-like lebih dari 8,1 juta orang. Lirik lagu ini yang terdengar memilukan dan tak sedikit telah membuat banyak orang meneteskan air mata. Meski sudah delapan bulan berlalu, namun banyak fans yang begitu mencintai sosok Paul Walker dan mengenangnya lewat lagu ini.
Pure Originz salah satu pemilik akun menulis, ”Eight months later, still brings a tear to my eye. Rest easy Paul,” tulisnya. Lagu yang sempat menghiasi tangga lagu teratas ini, bahkan terus saja diputar. Pemilik akun Violet Jordan menulis, setiap kali mendengar lagu ini, air matanya menetes.
I still cry when listening to this song, it’s just so sad and at the end when they split up from each other, I cried so hard [Aku masih menangis ketika mendengar lagu ini, lagu ini menyedihkan dan pada akhirnya ketika mereka berpisah satu sama lain, aku menangis dengan keras],” tulis Violet Jordan.
See You Again tidak hanya sukses mendapatkan like terbanyak dan ditonton miliaran orang. Namun, lagu ini juga memberikan kesuksesan besar bagi Charlie Puth. Dalam wawancaranya dengan Mtv.com, Puth mengatakan, jiwa Paul Walker telah memberkati kariernya.
“Paul Walker adalah alasan mengapa karier saya bisa seperti ini. Tentu saja selain kerja keras, dan semua orang tahu lagu ini. Saya menulis lagu ini untuk dia [Paul Walker],” ujar Puth.

Alasan Hillboard

Nah, lagu See You Again ini pantas dipilih versi Hillboard sebagai lagu terpopuler dan terbaik tahun ini karena lagu ini memiliki aura yang kuat serta bagian-bagian lagu ini memiliki sisi emosional terutama di bagian rap-nya yang dibawakan dengan lincah dan penuh emosi oleh Wiz Khalifa, sang rapper kenamaaan dan alunan piano serta lirik dari setiap baitnya yang menyentuh yang dibawakan secara emosional juga oleh Charlie Puth.

Kesimpulan

Jadi, setelah semua lagu telah di lits oleh Hillboard, ada banyak lagu yang menjadi fenomenal dan hits sesuai genrenya seperti musik pop, dance music, EDM, Hip Hop, RnB, dan lainnya. Dan dari semuanya terpilihlah lagu See You Again yang memiliki aura kuat dan menjadi lagu terpopuler & terbaik versi Hillborad di tahun 2015 ini. Maka itu, pantas saja banyak lagu yang telah dipilih oleh Hillboard yang pantas masuk di Top 15 ini dan semuanya layak menjadi terbaik bagi para penikmat musik. (Eits, admin bukan pengkritik musik ya, jadi tulisan ini hanya klisan atau kacamata admin saja...)

Oke, semuanya udah beres nih, dan tak lupa Hillboard mau banyak-banyak banget berterima kasih kepada yang sudah membantu Hillboard membuat kedua artikel ini, yaitu:

Para pembaca setia Hillboard

Beberapa stasiun radio ternama di Indonesia
Dan masih banyak lainnya yang tak bisa disebutkan satu-persatu (eits, kayak mau buka acara aja nih...)
Okelah kalo gitu, sampe jumpa 2 hari lagi di Hillboard Top 12 Desember (30 Desember 2015) yaa... 
Bye... bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar